PENGEMBANGAN KURIKULUM SMK

Standar Kompetensi Peserta dapat menyusun kurikulum berbasis kompetensi di institusinya. Pembuatan dilakukan oleh sekolah sendiri.

Dasar Pemikiran Pengelompokan Mata pelajaran
1. Kosep 4 pilar pendidikan dari Unesco (Long life eduction):
 - learning to know;

 - learning to do;
- learrning to be;
- learning to live together.
2. Persyaratan kerja yang dituntut oleh dunia kerja global
- penguasan pengetahuan dan ketrampilan. second language: inggris; mandarin; jepang
 - atitude: kepemimpinan, kerja kelompok
 - pengenalan sifat pekerjaan terkait: prakerin; memahami makna globalisasi; fleksibel terhadap pilihan kerja. 3. Usaha penyepadanan dalam konteks nasional
Kedua aspek di atas di sinkronkan
 - learning to know &; learning to do; penguasan pengetahuan dan ketrampilan
 - learrning to be; atitude
- learning to live together; pengenalan sifat pekerjaan terkait

 Kompetensi yang harus dikembangkan dalam pengembangan kurikulum SMK TIK
1. KOMPETENSI UTAMA: Kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan
2. KOMPETENSI PENDUKUNG: Sesuai dengan kebutuhan daerah
3. KOMPETENSI LAIN

PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA DASARNYA ADA 2
1. DOKUMEN : berisi silabus, RPP dan segala hal yang berkaitan dengan prosedur dalam pembelajaran
2. KEGIATAN NYATA : berkaitan dengan evaluasi pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

e-learning readiness