PENGEMBANGAN KURIKULUM SMK
Standar Kompetensi
Peserta dapat menyusun kurikulum berbasis kompetensi di institusinya.
Pembuatan dilakukan oleh sekolah sendiri.
Dasar Pemikiran Pengelompokan Mata pelajaran
1. Kosep 4 pilar pendidikan dari Unesco (Long life eduction):
- learning to know;
- learning to do;
- learrning to be;
- learning to live together.
2. Persyaratan kerja yang dituntut oleh dunia kerja global
- penguasan pengetahuan dan ketrampilan. second language: inggris; mandarin; jepang
- atitude: kepemimpinan, kerja kelompok
- pengenalan sifat pekerjaan terkait: prakerin; memahami makna globalisasi; fleksibel terhadap pilihan kerja. 3. Usaha penyepadanan dalam konteks nasional
Kedua aspek di atas di sinkronkan
- learning to know &; learning to do; penguasan pengetahuan dan ketrampilan
- learrning to be; atitude
- learning to live together; pengenalan sifat pekerjaan terkait
Kompetensi yang harus dikembangkan dalam pengembangan kurikulum SMK TIK
1. KOMPETENSI UTAMA: Kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan
2. KOMPETENSI PENDUKUNG: Sesuai dengan kebutuhan daerah
3. KOMPETENSI LAIN
PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA DASARNYA ADA 2
1. DOKUMEN : berisi silabus, RPP dan segala hal yang berkaitan dengan prosedur dalam pembelajaran
2. KEGIATAN NYATA : berkaitan dengan evaluasi pembelajaran.
Dasar Pemikiran Pengelompokan Mata pelajaran
1. Kosep 4 pilar pendidikan dari Unesco (Long life eduction):
- learning to know;
- learning to do;
- learrning to be;
- learning to live together.
2. Persyaratan kerja yang dituntut oleh dunia kerja global
- penguasan pengetahuan dan ketrampilan. second language: inggris; mandarin; jepang
- atitude: kepemimpinan, kerja kelompok
- pengenalan sifat pekerjaan terkait: prakerin; memahami makna globalisasi; fleksibel terhadap pilihan kerja. 3. Usaha penyepadanan dalam konteks nasional
Kedua aspek di atas di sinkronkan
- learning to know &; learning to do; penguasan pengetahuan dan ketrampilan
- learrning to be; atitude
- learning to live together; pengenalan sifat pekerjaan terkait
Kompetensi yang harus dikembangkan dalam pengembangan kurikulum SMK TIK
1. KOMPETENSI UTAMA: Kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan
2. KOMPETENSI PENDUKUNG: Sesuai dengan kebutuhan daerah
3. KOMPETENSI LAIN
PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA DASARNYA ADA 2
1. DOKUMEN : berisi silabus, RPP dan segala hal yang berkaitan dengan prosedur dalam pembelajaran
2. KEGIATAN NYATA : berkaitan dengan evaluasi pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar