e-learning readiness
Chapnick
(2000) mengusulkan model ELR dengan mengelompokkan kesiapan ke dalam
delapan kategori kesiapan, yaitu:
1. Psychological readiness.
Faktor ini mempertimbangkan cara pandang individu terhadap pengaruh inisiatif e-learning.
Ini adalah faktor yang paling penting yang
harus dipertimbangkan dan memilki peluang tertinggi untuk sabotase proses
implementasi.
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Apakah Peserta Populasi
Target (TPP) telah dinilai untuk gaya belajar?
|
|
|
Tidak Direncanakan
|
Termasuk dalam Rencana
|
Selesai
|
2
|
Apakah gaya TPP belajar
cocok untuk e-learning?
|
|
|
Beberapa
|
Sebagian besar
|
Ya
|
3
|
Apakah fokus kelompok
/ wawancara atau metode penilaian lainnya direncanakan (atau telah dilakukan)
dengan TPP untuk
menentukan sikap mereka terhadap e-learning?
|
|
|
Tidak Direncanakan
|
Termasuk dalam Rencana
|
Direncanakan &
diselesaikan
|
4
|
Apakah respon TPP
untuk setiap transisi sebelumnya seperti reorganisasi, penggabungan,
perubahan manajemen,
konversi sistem komputer, dan sebagainya?
|
|
|
Sebagian besar menolak
|
Kebanyakan diterima pada waktunya
|
Kebanyakan langsung
menerima
|
5
|
Di mana Anda akan
menempatkan sebagian besar itu TPP tentang Teknologi Michael Porter /
Geoffrey Moore
|
Kebanyakan skeptis /
Luddites
|
Kebanyakan konservatif
|
Kebanyakan pragmatis
|
Kebanyakan inovator /
penggemar
|
Kebanyakan pengadopsi awal
/ visioner
|
6
|
Apa yang telah / akan melibatkan
TPP dalam proses perencanaan dan
desain?
|
|
Tidak
ada yang terlibat
|
Seorang anggota
beberapa perwakilan
terlibat
|
Kebanyakan pemimpin opini
yang terlibat
|
Sebagian besar terlibat
langsung
|
7
|
Bagaimana Anda
menggambarkan sosialisasi dari TPP?
|
|
|
Paling suka interaksi
manusia untuk
Komputer
|
Kebanyakan suka bekerja
dalam kelompok
|
Kebanyakan menikmati
bekerja sendiri
|
8
|
Apa alat berteknologi
tinggi yang telah dimiliki? (bukan termasuk yang disediakan majikan)
|
|
|
Tidak
ada
|
Laptop / komputer Rumah
Ponsel / pager
|
PDA / perangkat dipegang
tangan
|
9
|
Siapa yang TPP harapkan
untuk membayar pendidikan?
|
|
|
Pihak ketiga (yaitu
beasiswa) membayar
sebagian besar biaya
|
Pemerintah biasanya
membayar semua biaya
Perusahaan biasanya
membayar semua biaya
|
Peserta biasanya membayar
biaya yang paling
|
2. Sociological readiness. Faktor
ini mempertimbangkan aspek interpersonal lingkungan di mana program akan
diimplementasikan.
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Apakah proyek percontohan telah
dimasukkan dalam rencana atau selesai?
|
Tidak direncanakan
|
Termasuk dalam rencana
|
Percontohan selesai
|
2
|
Apakah manajer telah terdengar
mengatakan sesuatu yang mirip dengan berikut ini:
a. "Ini
bagus! Mereka dapat mengambil kelas di waktu luang mereka atau di rumah!
"
b. "Saya
hanya ingin memastikan bahwa mereka tidak menghabiskan sepanjang hari di
internet atau mengirim email"
c. "Selama
itu tidak mempengaruhi produktivitas mereka"
|
Mirip dengan beberapa frase
|
Mirip dengan salah satu kalimat frase
yang ada
|
Tidak ada mirip dengan ini
|
3
|
Apa tingkat pendidikan formal yang
telah TPP capai?
|
Kebanyakan, ijazah SMA
|
Kebanyakan, beberapa perguruan
tinggi
|
Kebanyakan, gelar sarjana
|
4
|
Bagaimanakah TPP saat dimonitor
atau dinilai? (Akuntabilitas)
|
· Tidak ada catatan atau catatan yang dipelihara
· Catatan disimpan secara rahasia oleh
manager / dept
|
· Anonim
· Rekaman disimpan rahasia di HR dept
· Email, dan penggunaan internet dimonitor
|
Panggilan telepon dipantau dan
dicatat
|
5
|
Apakah penciptaan
ruang kerja fisik yang sesuai telah dimasukkan dalam rencana atau diciptakan?
|
Tidak direncanakan
|
Termasuk dalam rencana
|
Dibuat
|
6
|
Apa yang dimaksud
dengan respon yang khas ketika seorang anggota TPP mengambil inisiatif (yaitu
melakukan sesuatu di luar deskripsi pekerjaannya atau instruksi)?
|
· Lelucon atau komentar negatif yang dibuat
· Manajer merespon negatif
|
Tidak ada
|
Kongkrit dihargai dengan bonus
atau penghargaan
|
7
|
Apakah ada kecenderungan nyata
untuk merangkul homogenitas?
(Yaitu dalam pakaian, hobi, harta,
percakapan)
|
Ya, banyak tumpang tindih antara
individu
|
50/50
|
Tidak, kelompok ini sangat beragam
dalam banyak hal
|
8
|
Apa yang telah respon TPP ketika ada
seseorang anggota master teknologi baru?
|
Diejek atau dipermalukan
|
Tidak ada respon
|
· Pujian dan perayaan
· Semangat & keinginan untuk belajar dari dia
|
3. Environmental
Readiness.Faktor ini mempertimbangkan operasi
kekuatan besar pada stakeholders, baik di dalam maupun di luar organisasi.
Kekuatan tersebut mencakup hambatan, target audiences, lokasi TPP, sikap sumber
daya manusia terhadap e-learning, serta inisiatif model pendapatan.
No.
|
Pertanyaan
|
|
Skor
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Apakah ada hambatan politik
eksternal besar yang perlu diatasi sebelum
bagian dari program e-Learning
dapat diimplementasikan (misalnya bagi serikat)?
|
|
Ya, ada banyak hambatan besar
|
Ya, ada beberapa hambatan besar
|
Ya, ada sedikit hambatan besar
Tidak ada hambatan yang belum kami
atasi di masa lalu
|
2
|
Apakah ada hambatan hukum
eksternal besar yang perlu diatasi sebelum setiap bagian dari program
e-Learning dapat diimplementasikan?
|
|
Ya, banyak hambatan hukum besar
|
Ya, beberapa hambatan hukum besar
|
Ya, sedikit hambatan hukum besar
Tidak ada hambatan hukum yang
belum kita atasi di masa lalu
|
3
|
Apakah target audiens termasuk
orang yang berbicara bahasa yang berbeda secara signifikan?
|
|
Ya, banyak yang bisa berbicara bahasa
primer yang berbeda
|
Beberapa berbicara bahasa primer
yang berbeda
Kebanyakan berbicara dengan bahasa
kedua yang sama lancar
|
Kebanyakan berbicara bahasa utama
yang sama
|
4
|
Apakah target audiens termasuk
orang-orang dari industri yang berbeda secara signifikan?
|
|
|
Ya
|
Tidak ada
|
5
|
Apa ukuran dari target audiens?
|
|
divisi / kelompok pelanggan /
mitra Besar
Banyak yang berbeda divisi
|
divisi / kelompok pelanggan /
mitra Sedang
|
divisi / kelompok pelanggan /
mitra Kecil
|
6
|
Dimana letak TPP secara geografis?
|
|
Sebagian besar tersebar di seluruh
dunia
|
Sebagian besar di berbagai Negara
Sebagian besar di satu negara
|
Sebagian besar wilayah yang
berbeda dari negara yang sama
Sebagian besar di satu wilayah
dekat
|
7
|
Apakah insting Anda memberitahu
Anda waktu yang tepat untuk e-Learning?
|
|
|
Tidak ada
|
Ya
|
8
|
Bagaimana sikap organisasi
terhadap pelatihan?
|
Ini adalah pusat biaya yang tidak
perlu
|
Ini adalah kejahatan yang
diperlukan
|
Ini membantu kita secara tidak
langsung
|
Ini adalah bagian penting dari
kesuksesan kami
|
9
|
Apakah organisasi baru mengalami
(atau itu akan menjalani) merger besar atau
akuisisi yang secara substansial
akan mengubah proses itu atau sumber daya?
|
|
|
Ya
|
Tidak ada
|
10
|
Apakah organisasi saat ini
memiliki sebuah departemen Pelatihan khusus?
|
|
|
Tidak ada
|
Ya, besar satu
Ya, kecil satu
|
11
|
Apa model pendapatan dari
inisiatif rencana elearning?
|
|
Belum ada model
Sebuah biaya yang didanai oleh HR
|
Sebuah biaya yang didanai
departmentally
|
Sebuah sumber pendapatan
|
4.
Human Resource Readiness. Faktor
ini mempertimbangkan ketersediaan dan rancangan sistem dukungan sumber daya
manusia. Faktor ini menekankan pada ketersediaan sumber daya manusia yang
memadai untuk melaksanakan e-learning, dari segi pendukung, ahli atau juara
lomba, tutor, mempersiapkan SDM (Sumber Daya manusia) melalui pelatihan.
No.
|
Pertanyaan
|
|
Skor
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Apakah vendor memiliki orang-orang
di tempat untuk membuat dan mendukung proyek Anda?
|
|
Tidak, staf buruk atau miskin
layanan
|
Ya, cukup staf, pelayanan baik
|
Ya, baik staf layanan, tertib/baik
|
2
|
Apakah ada juara dalam bidang
e-Learning di baik formal dan informal untuk membuat proyek terjadi?
|
|
|
Tidak ada
|
Ya
|
3
|
Apakah ada help desk atau tutor tersedia untuk TPP?
|
Tidak ada sumber daya khusus
|
Tersedia dengan menunggu
|
Tersedia untuk TPP
|
Ya, segera tersedia untuk TPP
|
4
|
Apakah ada rencana untuk melatih
orang menggunakan sistem?
|
|
Tidak ada
|
Belum, tapi pada layar radar
|
Ya rencana, rinci, sumber daya
dialokasikan
|
5
|
Apakah vendor (atau departemen
internal Anda) memiliki sumber daya manusia yang memadai
dialokasikan untuk memberikan
pelatihan pengguna pada sistem baru?
|
Tidak ada
|
Tidak, tapi saat ini diusahakan
|
Ya, sumber daya yang memadai
|
Ya, surplus sumber daya
|
5. Financial readiness. Faktor ini
mempertimbangkan besarnya anggaran dan proses alokasi.
Pertanyaan
|
Penilaian
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Apakah anggaran yang sesuai dengan
ruang lingkup usaha telah disediakan?
Apakah tujuan Makro yang menunjukkan bagaimana
e-Learning akan membantu organisasi mencapai tujuan saat ini dan jangka
pendek sudah diciptakan?
Apakah tujuan murni berasal dari
CEO atau individu lain yang memiliki pengaruh besar?
Apakah ada teknologi lain yang dimiliki
yang dapat menghemat biaya (contoh web conferencing)?
|
Belum ada
anggaran
Tidak ada
|
Tersedia tetapi tidak memadai
Belum diciptakan
Ya, sangat sedikit
|
Ya, memenuhi kebutuhan
Ya, tapi perlu
perbaikan
Tidak
Ya, beberapa
|
Ya, melebihi kebutuhan
Ya, efektif dan meyakinkan
Ya
Ya, banyak
|
6. Technological skill (aptitude) readiness.
Faktor ini mempertimbangkan kompetensi teknis yang dapat diamati dan diukur.
Pertanyaan
|
Penilaian
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Apakah calon peserta paham tentang
tipe yang digunakan?
Apakah calon peserta sudah memiliki kemampuan
dasar mengakses internet
Apakah calon peserta sudah paham
dasar-dasar penggunaan komputer?
Sudah berapa lama calon peserta
menggunakan computer?
Apakah calon vendor pernah
menciptakan teknologi lain untuk Anda sebelumnya?
Jika vendor pernah menciptakan
suatu system sebelumnya, apakah anda juga mencari referensi lain?
Apakah penelitian dan penemuan
merupakan bagian dari kegiatan rutin peserta saat ini?
Untuk apa biasanya peserta
menggunakan komputer?
Apakah peserta akrab dengan
terminologi dan jaringan komputer?
|
Tidak
Kurang dari 1
tahun
Tidak
Tidak
Tidak
menggunakan komputer
|
Tidak
Beberapa
1-2 tahun
Ya, sedikit referensi
Ya, sering memecahkan masalah sederhana secara kelompok
Permainan
Tidak paham dan tidak menggunakan
|
Tidak
Ya, paham tentang AOL
Sebagian besar
2-5 tahun
Tidak
Ya, referensi secukupnya
Ya, sering memecahkan masalah kompleks secara kelompok
Fungsi interaktif/kolaborasi (e-mail, chat)
Banyak yang
paham, tetapi tidak menggunakan
|
Ya
Ya, sebagian memiliki ISP di rumah, paham tentang XML,
java, dll
Ya
Lebih dari 5 tahun
Ya
Ya, referensi yang besar
Ya, sering memecahkan masalah kompleks secara individu
Office Programs dan diatasnya
Ya, banyak yang memahami
|
7. Equipment
readiness. Faktor ini mempertimbangkan kepemilikan
peralatan yang sesuai. Dalam faktor ini mencakup kelengkapan media yang
dibutuhkan, kecepatan akses internet,
kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan, bagaimana cara
memperolehnya, cara memeliharanya, cara mengupgrade, dimana kita dapat membeli,
memelihara, kisaran harga dan bagaimana cara pembayaran penggunaan e-learning.
Daftar
Pertanyaan Faktor Equipment Readiness:
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Jika sebagian
dari TPP Anda memerlukan peralatan teknologi khusus (yaitu mesin TTD, besar
resolusi layar untuk membaca menantang) telah itu telah direncanakan, atau
disediakan dan apakah tersedia?
|
Tidak tersedia
|
Direncanakan
|
Sudah tersedia
|
2
|
Apakah TPP
memiliki lebih baik dari peralatan yang memadai?
|
Tidak
Ketika memiliki dana
|
Berencana menerimanya
segera
|
Sudah punya
|
3
|
Apakah sistem
memerlukan apa-apa yang "cara itu" tetapi tidak tersedia belum
(yaitu broadband, kecepatan tinggi nirkabel acccess)?
|
Belum memiliki
|
Beberapa punya,
beberapa masih proses pengembangan
|
Tidakk, semua elemen
ada
|
4
|
Apakah
fasilitas anda memiliki kemampuan akses online yang MELEBIHI apa yang
disarankan oleh vendor?
|
Belum, menemui vendor
|
Sedang melebihi
Bertemu dengan vendor
|
Ya
|
5
|
Jika TPP
diharapkan untuk menyelesaikan program dari rumah, adalah membuat persiapan
untuk menyediakan peralatan?
|
Susunan belum selesai
|
Susunan telah selesai
|
Ya, memiliki semua
peralatan superior
Hampir memiliki semua
peralatan
|
6
|
Apakah rencana
telah dibuat yang mencantumkan rincian memperoleh, memelihara, dan upgrade
peralatan?
|
Belum ada
Belum direncanakan
|
Ada, masih proses
pengajuan pembelian
|
Telah disetujui
stakeholder
|
7
|
Dimana akan
bertanggung jawab untuk pemeliharaan peralatan, membeli, dan seterusnya
berada?
|
Semuanya tanggung
jawab rumah
|
Sebagian tanggung jawab vendor
|
Model ASP, Tanggung jawab vendor
|
8
|
Berapa kisaran
harga dari peralatan yang akan diperoleh?
|
Sangat tinggi
|
Sedang
|
Sangat menghasilkan
|
9
|
Apa pengaturan
pembayaran untuk peralatan?
|
Bayar di muka
|
Bayar per bulan ada DP
|
Bayar sejauh penggunaan
Bayar per bulan tidak ada DP
|
8. Content
readiness. Faktor ini mempertimbangkan konten
pembelajaran dan sasaran pembelajaran. Faktor ini menitik beratkan pada
keterkaitan e-learning dengan kurikulum, bagaimana respon pengguna terhadap
materi yang disediakan, keterbiasaan belajar antara guru dan e-learning,
karakteristik dari isi e-learning,
esensi dari asesmen di dalam e-learning, focus materi di e-learning
ditujukan ke siapa, tujuan dari kompetensi
yang ada di e-learning ( untuk meningkatkan kemampuan motorik?), kemudahan dalam merubah materi, dan kuantitas
materi yang bersifat multi media.
Daftar Pertanyaan Faktor Content
readiness:
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Apakah
kurikulum melibatkan banyak panggilan subjektivitas dan penghakiman (yaitu
pelatihan Diversity), atau itu cukup lurus ke depan dan obyektif (bagaimana
sekrup dalam bola lampu)?
|
Rahasia
|
Proses penstrukturan kurikulum
|
Terbuka dan jelas
|
2
|
Untuk
format apa apakah respon TPP terhadap materi pelajaran meminjamkan dirinya?
|
Tidak ada respon
|
Respon yang tidak terstruktur
|
Disiplin,
Teguh
|
3
|
Apakah
TPP terbiasa untuk belajar hal ini subjek tertentu dengan instruktur hidup?
|
Hanya mengekspos
|
Jarang
|
Selalu
|
4
|
Apa
adalah beberapa karakteristik dari konten yang ada bahwa Anda berniat untuk
pelabuhan ke elearning?
|
-
|
Tidak teratur
|
Sudah dibelah menjadi bagian kecil
Teratur
|
5
|
Akankah
kompetensi penilaian diperlukan pada saat penyelesaian instruksi?
|
Tidak
|
Beberapa
|
Semua
|
6
|
Apakah
materi pelajaran dimaksudkan untuk dipersonalisasi oleh siswa?
|
Tidak
|
Hanya untuk beberapa area
|
Ya
|
7
|
Apakah
tujuan kompetensi yang diinginkan memerlukan peningkatan keterampilan motorik
(dengan pengecualian mengetik)?
|
Ya
|
Beberapa
|
Tidak ada, atau sangat sedikit
|
8
|
Apa
fase siklus hidup adalah materi pelajaran yang diinginkan dalam?
|
-
|
Ada
|
Belum dikembangkan
|
9
|
Berapa
banyak dari materi pelajaran sudah dalam format multi media (yaitu audio
video)?
|
Kurag dari 10% multimedia
|
Kurang dari 30% multimedia
|
Lebih dari 50% multimedia
|
10
|
Seberapa
sering melakukan perubahan materi pelajaran?
|
Sangat jarang
|
Dengan teratur
|
Konstan
|
PEDOMAN
PENSKORAN
Pedoman
penskoran Chapnick (2000) mengusulkan model
ELR dengan mengelompokkan
kesiapan ke dalam delapan kategori kesiapan, yaitu:
1.
Psychological readiness.
Skor
|
Keterangan
|
9-15
|
Posisi
yang patut ditiru, tidak ada hambatan
|
16-24
|
E-learning
bisa diproses tapi masih ada hambatan
|
25-30
|
E-learning
belum bisa diproses (Danger zone)
|
2.
Sociological readiness.
Skor
|
Keterangan
|
8-13
|
Kekuatan
kelompok ada
|
14-19
|
E-learning
bisa diproses tapi masih ada hambatan
|
20-24
|
Harus
mengubah dinamika kelompok social sebelum memulai e-learning
|
3.
Environmental
Readiness
Skor
|
Keterangan
|
11-16
|
Area
bisa dimonitor
|
17-22
|
Memerlukan
monitoring yang lebih ketat
|
23-30
|
Banyak
area yang tidak termonitor
|
4.
Human
Resourches Readiness
Skor
|
Keterangan
|
5-8
|
Semua
posisi sudah sesuai dengan kemampuan
|
9-12
|
Masih
dipertanyakan akan focus kemana e-learning tersebut
|
13-16
|
Masih
kekurangan SDM
|
5.
Financial readiness.
Skor
|
Keterangan
|
4-6
|
Keuangan
sudah siap
|
7-9
|
Masih
memerlukan sumbangan
|
10-12
|
Keuangan
masih kurang
|
6.
Technological skill
(aptitude) readiness.
Skor
|
Keterangan
|
9-14
|
Sudah
ada teknologi yang mendukung e-learning
|
15-21
|
Memerlukan
analisis yang mendalam untuk mengetahui siapa yang belum memiliki teknologi
dan memutuskan action selanjutnya
|
22-27
|
Banyak
yang perlu diperbaiki di berbagai area
|
7.
Equipment
readiness.
Skor
|
Keterangan
|
9-14
|
Sudah
tersedia di area tersebut
|
15-21
|
Prioritaskan
kunci-kunci yang akan diakses
|
22--27
|
Pilih
stakeholder ulang
|
8.
Content
readiness.
Skor
|
Keterangan
|
10-16
|
Isi
e-learning sudah sesuai
|
17-23
|
Ada
beberapa format yang masih perlu dipilih-pilih dan diatur ulang
|
24-28
|
Isi
tidak sesuai dengan e-learning
|
9.
Nilai Keseluruhan
Skor
|
Keterangan
|
65-89
|
Sudah
siap untuk e-learning
|
90-160
|
Bisa
melanjutkan, tapi diperlukan perhatian yang lebih seksama terhadap beberapa
faktor yang dianggap berbahaya.
|
161-194
|
Harus
dievaluasi lagi tujuan pembuatan e-learning
|
DAFTAR
RUJUKAN
Priyanto.
2012. Model e-learning readiness Sebagai
strategi pengembangan e-learning. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas
Negeri Yogyakarta.
Research
Dog. 2000. eLearning ReadinessTM Assesment.
Komentar
Posting Komentar