e-learning readiness




Chapnick (2000) mengusulkan model  ELR  dengan mengelompokkan kesiapan ke dalam delapan kategori kesiapan, yaitu:
1.      Psychological readiness. Faktor ini mempertimbangkan cara pandang individu terhadap pengaruh inisiatif e-learning. 
Ini adalah faktor yang paling penting yang harus dipertimbangkan dan memilki peluang tertinggi untuk sabotase proses implementasi.

No
Pertanyaan
Skor
5
4
3
2
1
1
Apakah Peserta Populasi Target (TPP) telah dinilai untuk gaya belajar?


Tidak Direncanakan
Termasuk dalam Rencana
Selesai
2
Apakah gaya TPP belajar cocok untuk e-learning?


Beberapa
Sebagian besar
Ya
3
Apakah fokus kelompok / wawancara atau metode penilaian lainnya direncanakan (atau telah dilakukan)
dengan TPP untuk menentukan sikap mereka terhadap e-learning?


Tidak Direncanakan
Termasuk dalam Rencana
Direncanakan & diselesaikan
4
Apakah respon TPP untuk setiap transisi sebelumnya seperti reorganisasi, penggabungan,
perubahan manajemen, konversi sistem komputer, dan sebagainya?


Sebagian besar menolak
Kebanyakan diterima pada waktunya
Kebanyakan langsung menerima
5
Di mana Anda akan menempatkan sebagian besar itu TPP tentang Teknologi Michael Porter / Geoffrey Moore
Kebanyakan skeptis / Luddites

Kebanyakan konservatif
Kebanyakan pragmatis
Kebanyakan inovator / penggemar
Kebanyakan pengadopsi awal / visioner
6
Apa yang telah / akan melibatkan  TPP dalam proses perencanaan dan desain?

Tidak ada yang terlibat
Seorang anggota beberapa perwakilan
terlibat
                       
Kebanyakan pemimpin opini yang terlibat
Sebagian besar terlibat langsung
7
Bagaimana Anda menggambarkan sosialisasi dari TPP?


Paling suka interaksi manusia untuk
Komputer

Kebanyakan suka bekerja dalam kelompok
Kebanyakan menikmati bekerja sendiri
8
Apa alat berteknologi tinggi yang telah dimiliki? (bukan termasuk yang disediakan majikan)


Tidak ada
Laptop / komputer Rumah

Ponsel / pager

PDA / perangkat dipegang tangan
9
Siapa yang TPP harapkan untuk membayar pendidikan?


Pihak ketiga (yaitu beasiswa) membayar
sebagian besar biaya 


                     
Pemerintah biasanya membayar semua biaya

Perusahaan biasanya membayar semua biaya
Peserta biasanya membayar biaya yang paling


2.      Sociological readiness.  Faktor ini mempertimbangkan aspek interpersonal lingkungan di mana program akan diimplementasikan.
No
Pertanyaan
Skor
3
2
1
1
Apakah proyek percontohan telah dimasukkan dalam rencana atau selesai?
Tidak direncanakan

Termasuk dalam rencana

Percontohan selesai
2
Apakah manajer telah terdengar mengatakan sesuatu yang mirip dengan berikut ini:
a. "Ini bagus! Mereka dapat mengambil kelas di waktu luang mereka atau di rumah! "
b. "Saya hanya ingin memastikan bahwa mereka tidak menghabiskan sepanjang hari di internet atau mengirim email"
c. "Selama itu tidak mempengaruhi produktivitas mereka"
Mirip dengan beberapa frase

Mirip dengan salah satu kalimat frase yang ada
           
Tidak ada mirip dengan ini
           
3
Apa tingkat pendidikan formal yang telah TPP capai?
Kebanyakan, ijazah SMA

Kebanyakan, beberapa perguruan tinggi
Kebanyakan, gelar sarjana
4
Bagaimanakah TPP saat dimonitor atau dinilai? (Akuntabilitas)
·    Tidak ada catatan atau catatan yang dipelihara 

·    Catatan disimpan secara rahasia oleh
manager / dept

·    Anonim




·    Rekaman disimpan rahasia di HR dept


·    Email, dan penggunaan internet dimonitor
Panggilan telepon dipantau dan dicatat
5
Apakah penciptaan ruang kerja fisik yang sesuai telah dimasukkan dalam rencana atau diciptakan?
Tidak direncanakan

Termasuk dalam rencana
Dibuat 
6
Apa yang dimaksud dengan respon yang khas ketika seorang anggota TPP mengambil inisiatif (yaitu melakukan sesuatu di luar deskripsi pekerjaannya atau instruksi)?

·  Lelucon atau komentar negatif yang dibuat

·  Manajer merespon negatif 
Tidak ada

Kongkrit dihargai dengan bonus atau penghargaan
7
Apakah ada kecenderungan nyata untuk merangkul homogenitas?
(Yaitu dalam pakaian, hobi, harta, percakapan)
Ya, banyak tumpang tindih antara individu
50/50
Tidak, kelompok ini sangat beragam dalam banyak hal
8
Apa yang telah respon TPP ketika ada seseorang anggota master teknologi baru?
Diejek atau dipermalukan

Tidak ada respon

·  Pujian dan perayaan
·  Semangat & keinginan untuk belajar dari dia
3.      Environmental Readiness.Faktor ini mempertimbangkan operasi kekuatan besar pada stakeholders, baik di dalam maupun di luar organisasi. Kekuatan tersebut mencakup hambatan, target audiences, lokasi TPP, sikap sumber daya manusia terhadap e-learning, serta inisiatif model pendapatan.

No.
Pertanyaan

Skor
4
3
2
1
1
Apakah ada hambatan politik eksternal besar yang perlu diatasi sebelum
bagian dari program e-Learning dapat diimplementasikan (misalnya bagi serikat)?

Ya, ada banyak hambatan besar
Ya, ada beberapa hambatan besar
Ya, ada sedikit hambatan besar

Tidak ada hambatan yang belum kami atasi di masa lalu
2
Apakah ada hambatan hukum eksternal besar yang perlu diatasi sebelum setiap bagian dari program e-Learning dapat diimplementasikan?

Ya, banyak hambatan hukum besar
Ya, beberapa hambatan hukum besar
Ya, sedikit hambatan hukum besar

Tidak ada hambatan hukum yang belum kita atasi di masa lalu
3
Apakah target audiens termasuk orang yang berbicara bahasa yang berbeda secara signifikan?

Ya, banyak yang bisa berbicara bahasa primer yang berbeda
Beberapa berbicara bahasa primer yang berbeda

Kebanyakan berbicara dengan bahasa kedua yang sama lancar
Kebanyakan berbicara bahasa utama yang sama
4
Apakah target audiens termasuk orang-orang dari industri yang berbeda secara signifikan?


Ya
Tidak ada
5
Apa ukuran dari target audiens?

divisi / kelompok pelanggan / mitra Besar

Banyak yang berbeda divisi
divisi / kelompok pelanggan / mitra Sedang
divisi / kelompok pelanggan / mitra Kecil
6
Dimana letak TPP secara geografis?

Sebagian besar tersebar di seluruh dunia
Sebagian besar di berbagai Negara

Sebagian besar di satu negara
Sebagian besar wilayah yang berbeda dari negara yang sama

Sebagian besar di satu wilayah dekat
7
Apakah insting Anda memberitahu Anda waktu yang tepat untuk e-Learning?


Tidak ada
Ya
8
Bagaimana sikap organisasi terhadap pelatihan?
Ini adalah pusat biaya yang tidak perlu
Ini adalah kejahatan yang diperlukan
Ini membantu kita secara tidak langsung
Ini adalah bagian penting dari kesuksesan kami
9
Apakah organisasi baru mengalami (atau itu akan menjalani) merger besar atau
akuisisi yang secara substansial akan mengubah proses itu atau sumber daya?


Ya
Tidak ada
10
Apakah organisasi saat ini memiliki sebuah departemen Pelatihan khusus?


Tidak ada
Ya, besar satu

Ya, kecil satu
11
Apa model pendapatan dari inisiatif rencana elearning?

Belum ada model

Sebuah biaya yang didanai oleh HR
Sebuah biaya yang didanai departmentally
Sebuah sumber pendapatan

4.      Human Resource Readiness. Faktor ini mempertimbangkan ketersediaan dan rancangan sistem dukungan sumber daya manusia. Faktor ini menekankan pada ketersediaan sumber daya manusia yang memadai untuk melaksanakan e-learning, dari segi pendukung, ahli atau juara lomba, tutor, mempersiapkan SDM (Sumber Daya manusia) melalui pelatihan.
No.
Pertanyaan

Skor
4
3
2
1
1
Apakah vendor memiliki orang-orang di tempat untuk membuat dan mendukung proyek Anda?

Tidak, staf buruk atau miskin layanan
Ya, cukup staf, pelayanan baik
Ya, baik staf layanan, tertib/baik

2
Apakah ada juara dalam bidang e-Learning di baik formal dan informal untuk membuat proyek terjadi?


Tidak ada
Ya
3
Apakah ada help desk atau tutor tersedia untuk TPP?
Tidak ada sumber daya khusus
Tersedia dengan menunggu
Tersedia untuk TPP
Ya, segera tersedia untuk TPP
4
Apakah ada rencana untuk melatih orang menggunakan sistem?

Tidak ada
Belum, tapi pada layar radar
Ya rencana, rinci, sumber daya dialokasikan
5
Apakah vendor (atau departemen internal Anda) memiliki sumber daya manusia yang memadai
dialokasikan untuk memberikan pelatihan pengguna pada sistem baru?
Tidak ada
Tidak, tapi saat ini diusahakan
Ya, sumber daya yang memadai
Ya, surplus sumber daya

5.      Financial readiness. Faktor ini mempertimbangkan besarnya anggaran dan proses alokasi.
Pertanyaan
Penilaian
4
3
2
1
Apakah anggaran yang sesuai dengan ruang lingkup usaha telah disediakan?


Apakah  tujuan Makro yang menunjukkan bagaimana e-Learning akan membantu organisasi mencapai tujuan saat ini dan jangka pendek sudah diciptakan?


Apakah tujuan murni berasal dari CEO atau individu lain yang memiliki pengaruh besar?

Apakah ada teknologi lain yang dimiliki yang dapat menghemat biaya (contoh web conferencing)?

Belum ada anggaran











Tidak ada
Tersedia tetapi tidak memadai

Belum diciptakan







Ya, sangat sedikit
Ya, memenuhi kebutuhan

Ya, tapi  perlu perbaikan



Tidak


Ya, beberapa
Ya, melebihi kebutuhan

Ya, efektif dan meyakinkan


Ya


Ya, banyak
6.      Technological skill (aptitude) readiness. Faktor ini mempertimbangkan kompetensi teknis yang dapat diamati dan diukur.
Pertanyaan
Penilaian
4
3
2
1
Apakah calon peserta paham tentang tipe yang digunakan?

Apakah  calon peserta sudah memiliki kemampuan dasar mengakses internet








Apakah calon peserta sudah paham dasar-dasar penggunaan komputer?

Sudah berapa lama calon peserta menggunakan computer?

Apakah calon vendor pernah menciptakan teknologi lain untuk Anda sebelumnya?

Jika vendor pernah menciptakan suatu system sebelumnya, apakah anda juga mencari referensi lain?


Apakah penelitian dan penemuan merupakan bagian dari kegiatan rutin peserta saat ini?






Untuk apa biasanya peserta menggunakan komputer?




Apakah peserta akrab dengan terminologi dan jaringan komputer?















Tidak


Kurang dari 1 tahun



Tidak




Tidak







Tidak menggunakan komputer



Tidak









Beberapa


1-2 tahun





Ya, sedikit referensi



Ya, sering memecahkan masalah sederhana secara kelompok


Permainan





Tidak paham dan tidak menggunakan
Tidak


Ya, paham tentang AOL







Sebagian besar

2-5 tahun


Tidak


Ya, referensi secukupnya

Ya, sering memecahkan masalah kompleks secara kelompok

Fungsi interaktif/kolaborasi (e-mail, chat)

Banyak yang paham, tetapi tidak menggunakan
Ya


Ya, sebagian memiliki ISP di rumah, paham tentang XML, java, dll

Ya


Lebih dari 5 tahun

Ya


Ya, referensi yang besar


Ya, sering memecahkan masalah kompleks secara individu


Office Programs dan diatasnya


Ya, banyak yang memahami

7.      Equipment readiness. Faktor ini mempertimbangkan kepemilikan peralatan yang sesuai. Dalam faktor ini mencakup kelengkapan media yang dibutuhkan, kecepatan akses internet,  kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan, bagaimana cara memperolehnya, cara memeliharanya, cara mengupgrade, dimana kita dapat membeli, memelihara, kisaran harga dan bagaimana cara pembayaran penggunaan e-learning.
Daftar Pertanyaan Faktor Equipment Readiness:
No
Pertanyaan
Skor
3
2
1
1
Jika sebagian dari TPP Anda memerlukan peralatan teknologi khusus (yaitu mesin TTD, besar resolusi layar untuk membaca menantang) telah itu telah direncanakan, atau disediakan dan apakah tersedia?
Tidak tersedia
Direncanakan
Sudah tersedia
2
Apakah TPP memiliki lebih baik dari peralatan yang memadai?
Tidak
Ketika memiliki dana
Berencana menerimanya segera
Sudah punya
3
Apakah sistem memerlukan apa-apa yang "cara itu" tetapi tidak tersedia belum (yaitu broadband, kecepatan tinggi nirkabel acccess)?
Belum memiliki
Beberapa punya, beberapa masih proses pengembangan
Tidakk, semua elemen ada
4
Apakah fasilitas anda memiliki kemampuan akses online yang MELEBIHI apa yang disarankan oleh vendor?
Belum, menemui vendor
Sedang melebihi
Bertemu dengan vendor
Ya
5
Jika TPP diharapkan untuk menyelesaikan program dari rumah, adalah membuat persiapan untuk menyediakan peralatan?
Susunan belum selesai
Susunan telah selesai
Ya, memiliki semua peralatan superior

Hampir memiliki semua peralatan
6
Apakah rencana telah dibuat yang mencantumkan rincian memperoleh, memelihara, dan upgrade peralatan?   
Belum ada
Belum direncanakan
Ada, masih proses pengajuan pembelian
Telah disetujui stakeholder
7
Dimana akan bertanggung jawab untuk pemeliharaan peralatan, membeli, dan seterusnya berada?
Semuanya tanggung jawab rumah
Sebagian tanggung jawab vendor
Model ASP, Tanggung jawab vendor
8
Berapa kisaran harga dari peralatan yang akan diperoleh?
Sangat tinggi
Sedang
Sangat menghasilkan
9
Apa pengaturan pembayaran untuk peralatan?
Bayar di muka
Bayar per bulan ada DP
Bayar sejauh penggunaan

Bayar per bulan tidak ada DP

8.      Content readiness. Faktor ini mempertimbangkan konten pembelajaran dan sasaran pembelajaran. Faktor ini menitik beratkan pada keterkaitan e-learning dengan kurikulum, bagaimana respon pengguna terhadap materi yang disediakan, keterbiasaan belajar antara guru dan e-learning, karakteristik dari isi e-learning,  esensi dari asesmen di dalam e-learning, focus materi di e-learning ditujukan ke siapa, tujuan dari kompetensi  yang ada di e-learning ( untuk meningkatkan kemampuan motorik?),  kemudahan dalam merubah materi, dan kuantitas materi yang bersifat multi media.
Daftar Pertanyaan Faktor Content readiness:
No
Pertanyaan
Skor
3
2
1
1
Apakah kurikulum melibatkan banyak panggilan subjektivitas dan penghakiman (yaitu pelatihan Diversity), atau itu cukup lurus ke depan dan obyektif (bagaimana sekrup dalam bola lampu)?
Rahasia
Proses penstrukturan kurikulum
Terbuka dan jelas
2
Untuk format apa apakah respon TPP terhadap materi pelajaran meminjamkan dirinya?
Tidak ada respon
Respon yang tidak terstruktur
Disiplin,
Teguh
3
Apakah TPP terbiasa untuk belajar hal ini subjek tertentu dengan instruktur hidup?
Hanya mengekspos
Jarang
Selalu
4
Apa adalah beberapa karakteristik dari konten yang ada bahwa Anda berniat untuk pelabuhan ke elearning?
-
Tidak teratur
Sudah dibelah menjadi  bagian kecil

Teratur
5
Akankah kompetensi penilaian diperlukan pada saat penyelesaian instruksi?
Tidak
Beberapa
Semua
6
Apakah materi pelajaran dimaksudkan untuk dipersonalisasi oleh siswa?
Tidak
Hanya untuk beberapa area
Ya
7
Apakah tujuan kompetensi yang diinginkan memerlukan peningkatan keterampilan motorik (dengan pengecualian mengetik)?
Ya
Beberapa
Tidak ada, atau sangat sedikit
8
Apa fase siklus hidup adalah materi pelajaran yang diinginkan dalam?
-
Ada
Belum dikembangkan
9
Berapa banyak dari materi pelajaran sudah dalam format multi media (yaitu audio video)?
Kurag dari 10% multimedia
Kurang dari 30% multimedia
Lebih dari 50% multimedia
10
Seberapa sering melakukan perubahan materi pelajaran?
Sangat jarang
Dengan teratur
Konstan

PEDOMAN PENSKORAN
Pedoman penskoran Chapnick (2000) mengusulkan model  ELR  dengan mengelompokkan kesiapan ke dalam delapan kategori kesiapan, yaitu:
1.      Psychological readiness.
Skor
Keterangan
9-15
Posisi yang patut ditiru, tidak ada hambatan
16-24
E-learning bisa diproses tapi masih ada hambatan
25-30
E-learning belum bisa diproses (Danger zone)

2.      Sociological readiness. 
Skor
Keterangan
8-13
Kekuatan kelompok ada
14-19
E-learning bisa diproses tapi masih ada hambatan
20-24
Harus mengubah dinamika kelompok social sebelum memulai e-learning

3.      Environmental Readiness
Skor
Keterangan
11-16
Area bisa dimonitor
17-22
Memerlukan monitoring yang lebih ketat
23-30
Banyak area yang tidak termonitor

4.      Human Resourches Readiness
Skor
Keterangan
5-8
Semua posisi sudah sesuai dengan kemampuan
9-12
Masih dipertanyakan akan focus kemana e-learning tersebut
13-16
Masih kekurangan SDM

5.      Financial readiness.
Skor
Keterangan
4-6
Keuangan sudah siap
7-9
Masih memerlukan sumbangan
10-12
Keuangan masih kurang

6.      Technological skill (aptitude) readiness.
Skor
Keterangan
9-14
Sudah ada teknologi yang mendukung e-learning
15-21
Memerlukan analisis yang mendalam untuk mengetahui siapa yang belum memiliki teknologi dan memutuskan action selanjutnya
22-27
Banyak yang perlu diperbaiki di berbagai area

7.      Equipment readiness.
Skor
Keterangan
9-14
Sudah tersedia di area tersebut
15-21
Prioritaskan kunci-kunci yang akan diakses
22--27
Pilih stakeholder ulang

8.      Content readiness.
Skor
Keterangan
10-16
Isi e-learning sudah sesuai
17-23
Ada beberapa format yang masih perlu dipilih-pilih dan diatur ulang
24-28
Isi tidak sesuai dengan e-learning



9.      Nilai Keseluruhan
Skor
Keterangan
65-89
Sudah siap untuk e-learning
90-160
Bisa melanjutkan, tapi diperlukan perhatian yang lebih seksama terhadap beberapa faktor yang dianggap berbahaya.
161-194
Harus dievaluasi lagi tujuan pembuatan e-learning


DAFTAR RUJUKAN
Priyanto. 2012. Model e-learning readiness Sebagai strategi pengembangan e-learning. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Research Dog. 2000. eLearning ReadinessTM Assesment.

Komentar

Postingan populer dari blog ini